7 Tips Sehat Minum Kopi


Bagi anda yang gemar dengan kopi, ini ada tips supaya tetap sehat dan tatap menikmati kopi kegemaran Anda.

1. Dosis
Belum ada ukuran yang akurat tentang dosis kopi yang boleh dikonsumsi, tetapi para peneliti kebanyakan mengatakan 300mg caffeine (1 – 3 cangkir kopi) perhari tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat

2. Sinyal Bahaya
Coba kenali sinyal bahaya kopi seperti: jantung berdebar, gelisa, gangguan tidur dan emosional. Jika sinyal-sinyal itu dirasakan, segeralah berhenti meminum kopi atau mengurangi.
Seorang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi kopi akan mengalami ” caffeine withdrawal” saat berhenti mengkonsumsi kopi, biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala berdenyut, tetapi gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine lagi.

3. Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang berbeda-beda dalam batasan mengkonsumsi caffeine, ada yang mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tidak bermasalah, ada juga yang mengalami efek buruk dengan mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang sama. Jadi, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh masing-masing.

4. Kenali kandungan Caffeine
Perhatikan dosis caffeine yang diajurkan, jika sudah hampir melewati dosis yang dianjurkan jangan mengkonsumsi produk-produk yang mengandung caffeine seperti: softdrink, teh, coklat, permen kopi, obat sakit kepala.
Cara pengolahan (roasting and brewing) berpengaruh pada kandungan caffeine dalam kopi.

5. Coffee Mix
Dengan mengkonsumsi 6 ons kopi, 5 milligram kalsium pada tubuh kita hilang, tetapi itu dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu pada kopi atau membuat espresso latte.
Campuran kopi  dengan alkohol kurang baik terutama bagi mereka yang mempunyai gangguan pada hati, campuran kopi dengan cream sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebihan.
Perhatian!!! caffeine dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, bagi mereka yang sedang mengkonsumsi obat sebaiknya tidak mengkonsumsi caffeine.

6. Kelompok Anti Kopi
Ini kelompok yang harus menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang yang mengidap sakit jantung dan pemburuh darah. Untuk kelompok ini harus meninggalkan kopi.

7. Check Up
Lakukan pemeriksaan  kesehatan secara berkala, khususnya agar dapat mengetahui tekanan darah. Semakin dini mengetahui hipertensi samakin baik, untuk menghindari mengkonsumsi caffeine.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s