Turun Berat Badan 8 Kg Dalam 2 Bulan Dengan Teknik NLP


Pernahkan anda ingin menurunkan berat badan karena overweight tapi selalu saja gagal ? Mungkin berat badan sempat turun 3-4 Kg dalam 1-2 bulan, terus naik kembali ke ‘level’ yang sama bahkan melebihinya Wink. Jika anda pernah mengalami hal tsb, jangan berkecil hati, karena sayapun mengalami hal yang sama selama 10 tahun, sampai belajar NLP (Neuro Linguistic Programming) untuk mengatasinya. Ketika menikah pada tahun 1997 berat badan saya 63 Kg (tinggi 163 cm) dan ternyata pernikahan tersebut sangat menyenangkan sehingga dalam waktu 1 tahun (tahun 1998) saya mendapat 2 berkah yang luar biasa, pertama istri melahirkan putri pertama yang sangat cantik dan kedua, berat badan saya nambah 10 Kg menjadi 73 Kg. Berkah yang luar biasa bukan ? Laughing

Semenjak itu berat badan cenderung naik menjadi berkisar 74-76 Kg dengan level tertinggi 80 Kg, dimana ketika berat badan mencapai 80 Kg, badan serasa penuh sesak, cepat lelah dan ketika menyebrang melalui jembatan penyebrangan pasti tersengal-sengal…nah jika sudah mencapai berat badan 80 Kg, saya pasti sangat termotivasi untuk menurunkannya menjadi 76 Kg sehingga agak lebih nyaman. Selama hampir 10 tahun saya terus berusaha mencapai berat badan dengan target dibawah 70 Kg, tapi tidak pernah berhasil. Walaupun sudah melakukan puasa 1 bulan penuh di bulan Ramadhan, tetap saja berat badan tidak pernah menyentuh 70 Kg, rekor terbaik hanya mencapai 70.5 Kg dan seperti biasa dan mudah ditebak, setelah bulan Ramadhan lewat, di 2 minggu pertama lebaran, berat badan kembali ke level 74-76 Kg karena kebiasaan ‘balas dendam’ setelah 1 bulan penuh menahan diri Smile

Sebenarnya, walaupun saya sudah belajar NLP dari tahun 2005 serta menerapkannya pada pekerjaan, saya belum pernah tertarik menerapkannya untuk menurunkan berat badan hingga suatu saat di tahun 2008 saya ‘berkomitmen’ untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan teknik2 NLP untuk mengubah perilaku. Hasilnya… saya berhasil menurunkan berat badan sebanyak 8 Kg dalam 2 bulan, dari 76 Kg menjadi 68 Kg, dengan tanpa rasa tersiksa seperti program2 ‘diet’ sebelumnya. Yess ! Akhirnya saya berhasil menembus angka 70 Kg, ‘angka psikologis’ yang belum pernah berhasil ditembus selama 10 tahun.

Anda ingin tahu bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan cara mudah dan menyenangkan ? Berikut penjelasan singkatnya :

Pertama : Tetapkan tujuan. Anda harus memiliki tujuan (yang kuat) untuk menurunkan berat badan (misal 10 Kg, dari 80 Kg menjadi 70 Kg). Harap diketahui bahwa otak kita akan selalu mengejar tujuan kita, baik sadar ataupun tidak. Jika tujuan kita tidak jelas atau bahkan tidak ada, maka otak kita tidak akan berbuat apa2, karena bingung harus berbuat apa.

Kedua : Buat daftar manfaat dari berat badan 70 Kg dan kerugian dari berat badang 80 Kg. Misal, keuntungan berat badan 70 Kg : menjadi lebih gesit, lebih bersemangat, penampilan lebih menarik, lebih sehat, lebih disukai lawan jenis (bagi yang belum punya pasangan), six pack dan lainnya , sedangkan kerugian berat badan 80 Kg : potensi terkena berbagai macam penyakit, tidak bisa ikut olahraga futsal bareng dengan teman2 kantor/sekolah, malu dipanggil ‘gembrot’ atau ‘luas dan lebar’ maupun ejekan2 lainnya dst dst. Buat daftar tersebut sebanyak mungkin, semakin banyak semakin baik untuk memotivasi, karena tujuannya adalah untuk menguatkan motivasi untuk berubah, yaitu menurunkan berat badan.

Ketiga : Visualisasikan/bayangkan dengan melibatkan emosi positif yang kuat (nikmat, senang, bangga dll) bagaimana rasanya ketika berat badan anda 70 Kg, dan visualisasikan dengan melibatkan emosi negatif yang kuat (malu, rendah diri, takut, jijik) terhadap berat badan anda yang saat ini 80 Kg. Dengan memberikan emosi positif kepada berat badan 70 Kg dan emosi negatif pada berat badan 80 Kg, maka otak kita akan termotivasi untuk mengarahkan perilaku kita mengejar 70 Kg sekaligus menjauhi perilaku mempertahankan berat badan 80 Kg. Lakukan Visualisasi tsb berulang kali (5-12 kali) agar masuk ke bawah sadar (sub-conscious) anda sehingga setiap kali anda akan melakukan aktivitas yang menambah berat badan seperti makan berlebihan, secara otomotis anda akan merasakan emosi negatif (jijik, malu, takut) sehingga menghindarinya dan ketika anda akan melakukan kegiatan yang menurunkan berat badan seperti makan yang sesuai kebutuhan (juice, sayuran, nasi secukupnya dll) ataupun olahraga maka anda akan merasakan emosi positif (senang, bangga, antusias dll) sehingga segera melakukannya tanpa menunda lagi.

Keempat : Jika langkah ketiga ini sudah berhasil dimana secara otomotis anda termotivasi untuk melakukan kegiatan menuju 70 Kg dan menghindari kegiatan 80 Kg, berarti anda berada di jalur yang benar – langkah terakhir dan paling penting adalah pertahankan kondisi tersebut, karena hanya dengan konsistensi hasil yang diinginkan bisa tercapai dan dipertahankan. Jika sudah konsisten, maka anda tinggal menunggu waktu untuk melihat berat badan anda yang 70 Kg. Selamat mencoba.

(Made by Shiddarta – SmartNLP Trainer)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s