Berwisata ke Raja Ampat di Papua..


Pulau Papua juga mempunyai tempat wisata yang eksotis yang bernama Raja Ampat.

Mungkin sudah beberapa yang pernah mendengar Raja Ampat karena akhir-akhir ini Raja Ampat menjadi terkenal karena wisata bahari yang ditawarkannya. Tapi sebenrnya ada apa lagi di Raja Ampat? Well, tentunya postingan ini akan memuat informasi sebanyak-banyaknya tentang Raja Ampat.


Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31 ribu jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan.

Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung Pulau Papua, dengan kurang lebih 1500 pulau kecil dan atoll serta 4 pulau besar utama, yakni Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo. Inilah yang kemudian menjadikan Raja Ampat taman laut terbesar di Indonesia.
Wilayah ini sempat menjadi incaran para pemburu ikan karang dengan cara mengebom dan menebar racun sianida. Namun, masih banyak penduduk yang berupaya melindungi kawasan itu sehingga kekayaan lautnya bisa diselamatkan. Terumbu karang di laut Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Luar biasa!

Nah untuk mencapai Raja ampat kita harus naik pesawat dan mendarat di sorong, dari sorong bisa naik kapal dengan biaya yang lumayan fantastis yaitu sekitar 3,2 juta untuk 10-15 orang. ckck mahal ya tapi kan bisa patungan kan. Perjalanan dari soorng ini memakan waktu sekitar 3-4 jam. Untuk mengelilingi pulau raja ampat anda harus merogoh kocek sekitar 3-5 juta untuk 8 jam, harga bisa turun bisa naik semua tergantung pada kemampuan anda menawar harganya. Memang harga-harganya cukup fantastis tapi sebanding kok dengan pemandangan yang ditawarkan sama kepulauan Raja Ampat ini.

Nah anda suka diving? mau lihat terumbu karang yang indah dan 100% masih alami? di kepulauan raja ampat ini ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Pulau-pulau tadi adalah tempat yang patut dikunjungi kalau anda benar-benar ingin melihat keindahan bawah laut yang mempesona!

Pernah ada informasi mengatakan untuk masuk ke kawasan Raja Ampat, setiap orang harus membayar biaya masuk sebesar Rp 250 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 500 ribu untuk wisatawan dari mancanegara. Sebuah pin bulat yang berfungsi seperti identitas ini akan kita terima, setelah membayar biaya tersebut.

Uniknya, pin ini berlaku untuk satu tahun, sejak 1 Januari hingga 31 Desember. Jadi jika dalam satu tahun itu kita bolak-balik mengunjungi Raja Ampat, hanya perlu membayar biaya masuk satu kali saja. Tentu saja pin tadi tidak boleh hilang dan harus kita kenakan sebagai tanda pengenal.

Untuk informasi penginapan di raja ampat, kami mendapat beberapa review yaitu sebagai berikut :

Raja Ampat Dive Resort
sorido bay resort
  • Penginapan Najwa Indah (Jl. Abdul Hasan, Waisai, Raja Ampat, Indonesia)
  • Waisai Resort
Nah untuk hal-hal apa yg harus dilakukan atau dikunjungi selama di Raja Ampat tentunya harus scuba diving! di resort-resort yang anda inapi pasti menyediakan fasilitas scuba diving yang mengesankan. Lalu ada sumber yang mengatakan bahwa anda harus menaiki kapal Grand Komodo, mereka mempunyai 6 kapal yang bisa disewakan untuk tour mengelilingi pulau dan juga diving. Satu info untuk kalian yang pengen banget diving, tenang aja di Raja Ampat diving gak selalu mahal kok. Untuk diving dikenankan biaya sebesar 36 euro per menyelam ditambah 15 euro untuk peralatannya tetapi dibebaskan biaya perahu jika kita melakukan 3 penyelaman per hari perjalanan. Jadi total sekitar 500 ribuan mungkin (maklum pikiran anak sma hehehe)
Mungkin cuma segitu informasi yang bisa kita sampaikan tentang Raja Ampat, dan satu informasi lagi saking indahnya Raja Ampat makanya Raja Ampat dijadikan tempat untuk pembuatan Reality Show perancis yang berjudul “Koh Lanta”
sunset in Raja Ampat
Under the Sea


5 Komentar on “Berwisata ke Raja Ampat di Papua..”

  1. desy wardaningsih mengatakan:

    jadi tertarik dengan papua

  2. fery mengatakan:

    keren plus mantap..

  3. witri zakia mengatakan:

    papua keren.😀

  4. Yenny mengatakan:

    pokoknya kereeeeeeennnnn bangeeettttt……

    jadii ngak sabar pengen cepat2 ke raja ampat nii…

    heheheheh….:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s