Penyebab Mesin Cepat Panas atau Overheat..


Mesin cepat panas adalah ciri pada mesin berteknologi modern, tetapi mesin yang mengalami proses panas dengan cepat sampai temperatur melebihi temperatur kerja alias overheat merupakan pertanda ada yang tidak normal pada sistem pendingin mesin. Temperatur yang melebihi batas temperatur kerja biasanya pada sistem pendingin mesin ada yang bermasalah, bisa dari radiator, thermostat, waterpump, tutup radiator dan lain lain.

Penyebab Mesin Cepat Panas atau Overheat antar lain:

  1. Radiator Buntu/Kotor. Radiator yang berusia lanjut dan tidak menggunakan coolant sering mengakibatkan saluran radiator berkarat dan kotor yang mengakibatkan sirip-sirip pendingin saluran air radiator buntu, sehingga pendinginan air tidak bisa maksimal walhasil temperatur naik dan overheat.
  2. Tutup Radiator. Apabila kinerja tutup radiator tidak berfungsi sesuai semestinya maka akan mengakibatkan air radiator habisberakibat air radiator menyembur dan mendidih yang pertanda temperatur overheat.
  3. Thermostat air radiator. Thermostat yang macet akan mengakibatkan air tersumbat terus walau sudah melebihi temperatur kerja mesin, sehingga air radiator dingin, tetapi air di dalam mesin panas/ overheat.
  4. Kompresi terlalu tinggi. Rasio kompresi yang terlalu tinggi dari spesifikasi mesin akan mengakibatkan mesin cepat panas.
  5. Waterpump. Waterpump yang lamel/siripnya sudah habis tidak bisa mompa air akan menyebabkan sirkulasi air kurang lancar dan berakibat overheat.
  6. Kipas radiator. Kipas radiator jenis elektrik yang tidak berputar atau macet atau lainnya mengakibatkan pendinginan radiator kurang maksimal dan berakibat overheat.
  7. Saluran Air Buntu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s