Thermostat AIR Macet? Cara Penanganan dan pengetesannya..


Sistem Pendingin mesin membutuhkanthermostat untuk mempercepat menaikkan temperatur mesin pada saat mesin dingin agar cepat tercapai suhu kerja mesin.  Thermostatt akan terasa bermanfaat banget  pada mesin injeksi, yakni akan terlihat pengaruh pada konsumsi pembakaran dan hasil pembakaran mesin yang lebih bagus di banding tanpa menggunakanthermostat.

Termostat yang bekerja untuk membuka saluran air pendingin mesin sesuai temperatur sering macet dan mengakibatkan temperatur mesin overheat dengan cepat walau radiator dalam kondisi bagus.

Ciri-ciri termostat yang macet biasanya di tandai dengan temperatur overheat , kipas elektrik normal serta radiator dalam kondisi dingin alias tidak panas.

Untuk mengecek dan memastikan lakukan pembongkaran pada termostat yang biasanya terletak pada mesin yakni pada saluran air yang masuk dari radiator (saluran air yang bawah dari  radiator). Masukkan termostat pada air dan pasang termometer, panaskan air sampai mendidih dan perhatikan termostat, termostat harus membuka pada suhu sesuai yang tertera pada body thermostat.

Apabila membuka pada temperatur kerja berarti thermostat normal, apabila tidak membuka pada temperatur kerja sebaiknya ganti dengan yang baru.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s