Kapan Waktu Tepat Sporing Roda Mobil..


KENYAMANAN menggunakan mobil sangat ditentukan dari kerja roda mobil. Apalagi saat ini banyak jalan yang berlubang. Saat roda melibas jalan berlubang dalam kecepatan tinggi, bisa jadi ada komponen kaki mobil yang berkurang kualitasnya.

Indikasi ringan bahwa roda mobil harus di-spooring dapat dirasakan dari kestabilan kemudi. Jika kemudi cenderung lari ke sisi tertentu, bisa jadi itu pertanda bahwa penyelarasan (spooring) harus segera dilakukan.

Bisa juga dari ausnya permukaan ban yang menyebabkan tinggi permukaan tidak rata. Sehingga sisi-sisi permukaan ban tidak mendapat beban yang sama besar akibat kaki-kaki yang tidak selaras.

Di antara beberapa komponen yang paling vital dalam menentukan keselarasan roda dan kemudi ada empat, yaitu: tierod, end tierod, balljoint, dan bushing.

Tierod dan end tierod berfungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Komponen yang terbuat dari logam ini secara berkala dapat aus sesuai usia pemakaian mobil. Begitu juga dengan balljoint. Komponen yang bertugas menopang knuckle arm ini, juga bisa aus seiring usia pemakaian. Sedangkan bushing yang berfungsi sebagai titik tumpu pergerakan suspensi sangat mungkin rusak karena terbuat dari karet.

Sebelum membawa mobil ke bengkel untuk spooring, pemilik mobil dapat melakukan pemeriksaan awal kondisi empat komponen tersebut. Caranya, angkat mobil menggunakan dongkrak hingga ban menggantung. Lalu, pegang roda dan guncangkan. Jika terasa ogleg, dapat dipastikan bahwa telah terjadi keausan pada tierod, end tierod, balljoint, atau bisa juga bushing pecah.

Pemeriksaan ini penting untuk diketahui sebagai informasi awal bahwa mekanik akan menyarankan penggantian komponen-komponen tadi sebelum dilakukan spooring. Sebab, spooring yang dilakukan tanpa memperhatikan keausan tierod, end tierod, balljoint maupun bushing, tidak akan memberikan hasil memuaskan. Bukan tak mungkin setelah jalan beberapa meter dari bengkel, kaki-kaki masih terasa tidak nyaman.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s