Perkiraan Penyebab Permasalahan Yang Terjadi Pada Mobil


Masalah Bunyi Suara Tik Tik Mesin Mobil

  • Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang)
  • HLA (Hydraulic Lash Adjuster) bermasalah/rusak/mati
  • Lobes pada Camshaft/Noken As sudah ada yng rusak
  • Rocker Arm (tempat dudukan baut setelan klep/HLA) bermasalah rusak longgar/oblok/kendor
  • Pemakaian oli mesin mobil yang tidak tepat atau tidak cocok (SAE 10-40 untuk mesin mobil injection dan SAE 10-50 untuk mesin karburator)
  • Suling klep api minyak mampet penuh kototoran lumpur oli mesin

Lampu Indikator Oil Pressure (Tekanan Oli) Menyala Saat Mesin Hidup

  • Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok
  • Sensor tekanan/switch oli bermasalah/rusak
  • Pompa oli bermasalah/rusak
  • Panas yang berlebihan di dalam mesin
  • Katup oli/oil pressure rusak
  • Filter oli/saringan oli bermasalah/rusak/terlalu kotor oleh lumpur oli
  • Saringan oli pada ruang karter/bak penampungan oli kotor/mampet

Masalah Mesin Mobil Tidak Mau Hidup/Nyala Ketika Dihidupkan/Di Starter

  • Terminal accu/aki kendor/korosi
  • Teggangan/arus listrik aki kurang/rusak/mati
  • Jalur kelistrikan starter terputus
  • Kunci kontak mobil bermasalah
  • Gigi motor starter/fly wheel ada yang patah
  • Saluran ground/negatif aki ke mesin terganggu/lepas

Masalah Mendesis Pada Mobil

  • Kebocoran inlet manifold/gasket throttel body
  • Kebocoran selang vacum
  • Kebocoran gasket exhaust/api dan manifold intake/minyak
  • Kebocoran gasket/packing cylinder head, bisa karena robek/terbakar/patah/bocor

Mesin Mobil Berputar Tetapi Mesin Mobil Tidak Mau Hidup/Nyala

  • Bensin habis/kosong
  • Aki soak/lemah (mesin berputar sangat pelan)
  • Kabel aki kendor/korosi
  • Komponen pengapian bermasalah
  • Jalur kelistrikan pengapian terganggu/rusak
  • Busi mobil rusak/gap jarak busi tidak tepat
  • Choke mesin mobil bermasalah
  • Sistem penyaluran bahan bakar (fuel injection) bermasalah
  • Masalah mekanik (sensor ckp kruk/krek as rusak, timing belt mobil putus)

Mesin Susah/Tidak Bisa Hidup Saat Mesin Dingin

  • Accu/aki kosong/tegangan kurang
  • Terminal aki kendor/korosi
  • Busi rusak, setelan gap tidak tepat
  • Choke bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah
  • Permasalahan pada pengapian
  • Kompresi silinder rendah
  • Fuel pressure regulator bermasalah

Mesin Susah/Tidak Bisa Hidup Saat Mesin Panas

  • Filter udara kotor/mampet
  • Choke bermasalah
  • Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)
  • Kompresi silinder rendah

Dinamo/Motor Starter Berisik/Kasar Saat Distarter

  • Gigi pinion starter/flywheel patah
  • Baut dudukan motor starter lepas/hilang
  • Komponen di dalam motor starter rusak/aus

Mesin Mobil Ndut Ngendut Tersendat/Tertahan Ngempos Kosong Saat Akselerasi

  • Busi rusak/setelan gap tidak tepat
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

Mesin Mobil Getar Bergetar/Berguncang/Goyang/Pincang

  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Filter bensin mampet
  • Fuel pump bermasalah, supplay dan tekanan bensin rendah
  • Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

Mesin Kehilangan Tenaga/Tidak Bertenaga/Loyo/Tidak Ada Akselerasi

  • Pemasangan timing belt yang tidak tepat
  • Filter bensin tersumbat/mampet
  • Fuel pump bermasalah, supplay dan tekanan bensin rendah
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
  • Busi rusak/gap busi tidak tepat
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah
  • Rem mengunci
  • Kopling slip (habis)

Mesin Mobil Nembak-Nembak (Backfire)

  • Pemasangan timing belt yang tidak tepat
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah
  • Sistem pengapian bermasalah (kabel busi terbaik urutannya)

Mesin Hidup Tapi Kemudian Mati Lagi

  • Ada permasalahan kelistrikan pada rangkaian pengapian
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

Idle/Langsam Tidak Rata Naik Turun Naik

  • Penyetelan idle speed tidak tepat
  • Filter udara kotor
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Busi rusak/gap busi tidak tepat
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
  • Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
  • Pemasangan timing belt yang tidak tepat
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah
  • ISL Idle Speed Control

Mesin Mengalami Misfire Saat Idle/Langsam

  • Busi rusak/gap busi tidak tepat
  • Kabel busi bermasalah
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah
  • Distributor Cap retak atau aus
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
  • Kabel ground tidak baik/terputus
  • Kebocoran selang ventilasi mesin (crackcase ventilation hose)

Mesin Mengalami Misfire Sepanjang Perjalanan

  • Filter bensin mampet/kotor
  • Fuel pump/pompa bensin rusak/bermasalah/tekanan rendah
  • Ventilasi tangki bensin tersumbat, pipa saluran bensin tersumbat/terjepit
  • Busi rusak/gap busi tidak tepat
  • Distributor Cap retak atau aus
  • Kabel busi bermasalah
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
  • Ignition Coil bermasalah
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

Mesin Tetap Hidup Meskipun Kunci Kontak Telah Dimatikan

  • Terlalu banyak tumpukan karbon di ruang bakar (silinder)
  • Mesin terlu lama dijalankan pada suhu yang tinggi
  • Solenoid kerburator bermasalah
  • Kunci kontak bermasalah

Mesin Ngelitik/Ngelitik Saat Akselerasi/Menanjak

  • Timing pengapian tidak tepat
  • Masalah pada sistem pengapian
  • Busi rusak/gap busi tidak tepat
  • Salah pake jenis bahan bakar (oktan terlalu rendah)
  • Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
  • Kebocoran vacuum di karburator, throttle body, intake manifold, atau selang-selang vacuum lainnya
  • Karburator bermasalah
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah

30 Komentar on “Perkiraan Penyebab Permasalahan Yang Terjadi Pada Mobil”

  1. Lilik Aditya berkata:

    saya punya kendala.mobil mazda familia saya susah hidup saat di setar ada tanda-tanda mau hidup tapi mati lagi jika seperti itu apakah penyebabnya tolong bos seringnya

    • fery berkata:

      Sudah coba cek sistem kelistrikan (mulai dr alternator, aki, hingga kabel2 yg kendur ato putus), dan bs jg kemungkinan rangkaian pengapian yg bermasalah.
      Penyebab lainnya bs dr vacuum pd karburator, throttle body, inlet manifold, ato selang2 vacuum yg bocor. Bisa jg injektor yg bermasalah krn kotor ato tersumbat, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, kompresi mesin yg terlalu rendah, regulator tekanan bahan bakar rusak.

      • Yudi berkata:

        Malem mobil altis sya thun 2002 kalou lgi di langsam normal.pas ijak gas tenaga nya ga keluar berebet gitu apanya ya..

  2. Andre berkata:

    Saya mau tanya boss saya pake crv gen2 udah ganti mesin sama mesin singapore tatikan masih ada, alus kalo lari
    Tapi pada saat mesin dingin itu ada bunyi mendesis yg cukup kasar, saya udah bawa ke bengkel, udah ganti tensioner, oh dinamo starter stel klep masih aja tuh kenapa yah…need advice yah boss

    • fery berkata:

      Coba cek inlet manifold ato gasket throttle body bocor, exhaust manifold, selang vacuum, dan gasket di kepala silinder nya dulu om. Rata2 krn kebocoran ato robek di part2 itu.

  3. achmadi berkata:

    saya punya krista th99 karburator, saat tdk menyalakan lampu mesin lansam tapi ketika mobil melaju ( mesin panas)lampu dinyalakan dan saat berhenti mesin mobil geronjal. apa masalahnya ya ?

    • fery berkata:

      Waduh, pertama ane infoin kalo ane bukan mekanik ya om, disini cuma sharing aja dan bagi2 pengalaman.
      Kalo mslh mobil getar ada bnyk kemungkinan, kita ngomongin scr awam aja ya. Ada bnyk komponen yg berpotensi menyebabkan gangguan itu? Diantaranya, mulai dr distributor, koil, busi, sistem injeksi (mobil sudah menggunakan sistem ini), karburator (bagi mobil yg masih menggunakan karburator), setelan idle katup karburator, hingga aki yg sudah aus.
      Ambil contoh Distributor, komponen ini berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke smua komponen penggerak di rangkaian mesin. Nah, kalo komponen ini tdk berfungsi normal, maka mesin jg gak akan maksimal akibatnya bergetar ato tersengal.
      Koil sndr berfungsi utk membangkitkan energi listrik. Sehingga jk rusak, maka proses pengapian jg tdk akan terjadi. Hal serupa jg terjadi pd busi, yg berfungsi utk memantik proses pengapian.
      Meskipun busi di mobil itu lbh dari satu, misalnya ada 4 tp kalo ada yg sudah aus satu sebaiknya diganti semua. Krn kalo cuma 1 yg diganti percuma, nanti akan mengalami permasalahan serupa lg.
      Di mobil sistem injeksi, lebih mudah utk mendeteksi ketidakberesan di komponen itu. Cukup dgn mengenali cirinya, yaitu mesin akan bergetar ato tersengal2 yg tiba2 muncul dan segera hilang ketika gas diinjak dalam2 dan putaran mesin tinggi.
      Jadi cara mengetahuinya, hidupkan mobil dan dlm kedaaan berhenti (gigi netral), lalu injak pedal gas dalam2. Kalo tersengal2 ato mobil bergetar, berarti injector kotor. Ini harus kalibrasi ulang utk membersihkan kotoran.
      Kalo mobil dgn sistem karburator, fungsinya sama dgn injektor yaitu memasok bensin ke silinder. Hanya karburator bekerja scr mekanis manual, beda dgn injektor yg elektris. Jika karburator kotor maka pasokan bahan bakar ke silinder terganggu, maka mesin akan bergetar ato tersengal.
      Begitu pun dgn setelan idle katup yg terlalu tinggi sehingga katup karburator tak menutup sempurna, bisa menimbulkan masalah. Jika katup tak tertutup sempurna, menyebabkan pasokan bahan bakar ke silinder juga deras tak terkendali, akibatnya mesin justru bergetar, bahkan di saat kunci kontak dimatikan.
      Jika smua komponen2 itu ternyata masih bagus, perlu jg meneliti aki. Di saat mobil melaju dlm kecepatan rendah, dan kita mengurangi tekanan gas, kadang2 aki ini berpengaruh.

  4. iball bec berkata:

    Selamat malam boss. Saya pakek mitsubishi mas tapi kalo udah panas mesin trus kayak brembes gak masuk gigi padahal mbil nya matic makasi boss tolong arahan nya ya

  5. Imam Maulana berkata:

    Saya punya Kijang Innova 2005 gan, permasalahan yg sedang saya hadapi sekarang seringnya mobil tiba tiba mati saat jalan jauh, gas nya kosong lalu terhenti. Kalo fuel pump nya udah di ganti, filter minyak sudah di bersihkan, filter udara juga sudah, busi bagus. Jadi saya bingung di buat mobil ini, tolong gan saran dan info nya gimana ?? Makasih ..

    • fery berkata:

      Waduh, sharing2 aja ya om krn ane bukan mekanik.
      Umum mobil yg mati mendadak biasanya disebabkan oleh bbrp hal, diantaranya gangguan pada sistem pengapian (kalo busi bagus, gak ada sambungan yg putus, coba cek koil dan pastiin lg sambungan kabel2 pengapian dan kop busi bnr2 rapat), gangguan pada sistem kelistrikan (kondisi aki dan dinamo alternator), gangguan pada pasokan bahan bakar (pompa dan filter oke, coba cek selang saluran bbm dan lubang udara di penutup tanki bbm), gangguan pada suhu mesin yang terlalu tinggi (coba cek mulai dari tutup radiator sampai waterpump).

  6. maaf mas mau konsultasi…espas saya kan tadinya vacum delco tidak diaktifkan karena udah bocor..setelah saya coba ganti vacum delco yang baru malah timbul masalah yaitu muncul suara nglitik saat untuk aselerasi maupun untuk tanjakan…tapi jika selang vacum yg paling luar atau yg menuju karborasi dilepas/dinon aktifkan suara nglitikpun hilang..,kira kira apanya yg perlu dibenahi ya…mohon pencerahanya…terimakasih

    • fery berkata:

      Maaf sebelumnya om Bambang, ane bukan mekanik, disini cuma share2 pengalaman aja.

      Utk setelan pengapian yg kurang pas, coba diseting ulang posisi delco sampai ktm posisi yg pas, biasa cuma dimajuin ato dimundurin sedikit2

  7. ayu syifa berkata:

    Numpang nanya mas…
    Mobil saya pick up t120ss. Ada masalah ketika kunci kontak posisi on ada suara tik…tik…tik… secara terus menerus. Apalagi ketika kehabisan bensin. Suaranya makin kenceng dan makin cepat tempo nya.
    Normal kah masalah itu? Ato apa nya yg kiraĀ² perlu diperbaiki?
    Trims..

  8. denis berkata:

    m.s.triton 08 bermasalah. uda dibawa ke 4 bengkel resmi mitsubishi di surabaya tapi hasilnya nihil. discan tidak ketemu. sampe kuras tangki dan ganti egr. penyakitnya kambuh2an jadi g pasti munculnya, klo pengen normal y normal. tapi saat ingin kambuh pasti kambuh sebentar trus hilang. saat jalan tiba2 gasnya kosong, mesin tetap hidup sepuluh detik gitu akan kemvali normal, tapi klo diinjak kompling trus dilepas g usa nunggu 10an detik, lepas kopling langsung normal lagi , lampu cek engine TIDAK nyala. tlg infonya, sekaligus info cara gugat tu mitsubishi.ty

    • fery berkata:

      Haduh, kelihatannya kok kompleks bgt om.
      Sharing2 aja ya, tekanan bahan bakar dr supply pump udah clear? (bersihin inlet bahan bakar, disitu ada valve sprt bola, bila perlu ganti suction valve-nya ato bagian supply pump sekalian diganti). Scan kadang beda2 om, terkadang yg kebaca error di fuel pressure regulator.
      Bisa jg pake Scan lain yg kebaca rail pressure control valve, yg artinya tekanan bbm pd common rail gak normal, ada kebocoran pd sisi tekanan tinggi bbm di comman rail ini.
      Just sharing aja lho om, sialnya ane bukan mekanik. Coba aja di bawa ke bengkel di luar dealer yg spesialis handle Mitsubishi.

  9. yulia berkata:

    T 120 ss di gas malah nahan.solusinya

  10. achmad noer hakim berkata:

    malam boss, saya punya nissan serena hws 2004, permasalahannya abis ganti filter udara sendiri dan buka pipa filter sampai kepala throttle (niatnya cuma mau liat sensor MAF), setelah di pasang mesin gak mau hidup, starter tokcer tapi putaran mesin hanya sekali lalu mati.
    mohon bantuannya boss..

  11. febry berkata:

    selamat malam, saya punya corolla altis. keluhannya suka ngempos gasnya. sy sudah bawa ke bengkel mobil, udah di scan masalhnya tidak ada. tp mobil sy klo masih dingin aman2 aj. dan klo udah kondisi macet dan mesin panas baru lah mulai ngemposnya. tp klo diliat dr temperatur nya jg masih aman2 aj, lampu injeksi jg ga ada yg nyala.. itu di sebabkan krna apa ya..

    mohon pencerahannya semoga membantu..

    terima kasih..

    • fery berkata:

      Untuk kondisi mesin gmn om? Msh standard ato sudah oversize? Rata2 mesin ngepos krn kurangnya asupan bbm, filter angin kotor , ato kondisi oli nya (bisa kurang ato oli gak cocok). Itu semua kalo kondisi radiator maupun selang2 gak ada kebocoran dan kinerja kipas normal.

  12. tony berkata:

    selamat malam mas, saya mau tanya saya punya escudo 2.0 2004. tenaga mesin x nahan dan ada suara seperti isapan angin di mesin.. susah sekali buat nyalip mobil lain diatas kecepatan 60km.. mohon petunjuk x mas…

    • fery berkata:

      Sudah coba dicek kondisi filter dan throtle nya om? Sepertinya tenaga ngepos om, coba skalian aja cek keseluruhannya mulai dr setting klep, pengapian, filter udara, busi dll

  13. firmansyah berkata:

    Tolong dibantu rekan” mobil saya mazda 626 glx , kondisi mesin pincang di cilinder 1 dan 2, ( 3 dan 4) normal, busi dan kabel koil sudah saya ganti, dan hasilnya sama. Dan sebelum nya mobil susah dihidupkan jika mesin dalam keadaan panah hingga terparahnya sekarang mobil jadi pincang.

    • fery berkata:

      Sepertinya baru ketahuan kalo turun mesin om, bisa dr kondisi piston, ring piston, bosh klep ato malah rumah pistonnya udah ada yg cacat

  14. eva ardelia berkata:

    siang mas, saya punya mobil innova 2005 sering sekali coilnya mengalami masalah lalu mobil jadi “brebet” kalau dalam keadaan stasis (berhenti tapi dinyalakan mesinnya). Sebenarnya penyebab coil cepat rusak itu apa ya? Apa cara memakai mobilnya yang tidak benar juga termasuk ke dalam penyebab coil rusak? Mohon tanggapannya, saya kesal karena terlalu sering ganti coil, ada 3-5x per bulan ganti coil.

    • fery berkata:

      Maaf sebelumnya mbak Eva Ardelia, saya bukan mekanik, di sini coba sharing bagi2 pengalaman aja kok, hehe.
      Kalo dr diskripsi mbak Eva sepertinya memang udah keterlaluan bgt sih kalo sebulan bisa ganti koil 3-5 kali. Sebenarnya utk mslh koil itu banyak faktor yg menyebabkan cepat panas ato rusak. Diantaranya adl kualitas koil itu sndr, baiknya pake yg ori ato skalian beli yg aftermarket dgn kualitas yg lbh baik dr ori nya. Yg pasti koil itu bagus ato tdk adl ada tidaknya resistor di koil itu, koil2 KW biasanya tdk ada resistor nya. Resistor ini penting utk menahan panas dan menahan beban pengapian lebih (cara umum ngeliat dgn kasat mata sekilas koil itu ada resistor ato gaknya diliat dr baut yg ada diatasnya, kalo baut nya cuma 2 bukannya 3 itu bisa dikatakan gak ada resistornya, tp ya tergantung dr kualitas dan merk aftermarketnya sendiri jg sih, paling gampang utk beli sparepart bagus gak nya dan ori gak nya ya di dealer resmi ato toko sparepart terpercaya). Terlepas dr kondisi koil itu bagus tdk nya, proses pemasangan jg berpengaruh, bisa jg ada kebocoran listrik, dll.

  15. Aswandi berkata:

    Mobil pik up t120SS aki mobil sering habis beli aki baru terus jln sehari 2 hari terus mobil simpan gk jalan skitar 2 minggu terus mau pakai lgi aki habis aki di bawak cas gak mau d cas lgi padahal aki baru blm sebulan


Tinggalkan Balasan ke fery Batalkan balasan