Kenali Seputaran Permasalahan Pada Starter Mobil


Permasalahan yg terjadi di seputaran starter mobil ada banyak sekali sumber gejalanya, diantaranya :

~ Lampu indikator baterai dan oli pada dashboard tdk menyala sama sekali.

Kabel positif kotor ato putus, kemungkinan lain adl kepala aki kotor dan ato aki kamu terkuras total setrumnya (kasus ini jarang terjadi).

~ Lampu indikator baterai dan oli pada dashboard menyala, tp meredup saat di starter.

Kemungkinan aki rusak ato kurang setrum.

~ Terdengar suara “gemeretek” berulang kali.

Aki kamu rusak ato kurang setrum, bisa juga kepala aki kotor ato kabel ground sudah korosi.

~ Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah.

Bushing starter aus sehingga anker starter tdk bs berputar pd sumbunya yg mengakibatkan perputaran mjd berat. Kemungkinan mesin kamu terlalu berat utk diputar, misalnya tjd kerusakan pd crank saft, sistem timing, dll.

~ Terdengar suara “cek” sekali saja tiap memutar kunci kontak.

Switch starter (solenoid switch) sudah tdk berfungsi dgn baik, kunci kontak km kotor ato sudah aus, kerusakan relay (kl mobil km menggunakan relay starter).

~ Starter terkadang dimulai dgn suara berat lalu enteng dan mesin hidup.

Kesalahan setting delco (Fur dan Na).

~ Pagi hari tdk bs distarter, tp siang hari lancar utk distarter.

Aki soak tdk dpt menyimpan setrum utk waktu yg lama.

~ Pagi hari gampang utk distarter, tp jika sudah dipakai agak lama (panas) susah utk distarter.

Switch starter (solenoid switch) rusak.

~ Ketika distarter tdk ada reaksi sama skali dan tdk ada bunyi.

Gulungan starter kamu hangus ato terbakar/konslet, relay starter ato kunci kontak kamu bermasalah, dan terkadang hanya socket switch starter lepas.

~ Ketika distarter terdengar suara dinamo starter berputar mendesing kencang “sing”.

Bendix starter dol.

~ Kadang lancar utk distarter kadang tidak (baik kondisi panas maupun dingin, pagi maupun malam).

Carbon brush starter sudah pendek.

 

Hal2 yg hrs dilakukan setelah engetahui gejala2 yg ada, diantaranya :

  • Cek voltase aki kamu, aki yg bagus biasanya voltase nya tdk dibawah 12,4V. Aki dibawah voltase itu msh bs distarter tp tdk utk jangka panjang.
  • Jika analisa dr gejala2 yg timbul diatas yg mjd penyebabnya adl starter, maka lakukan pengetesan starter scr langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum pd switch starter dgn kabel tembaga yg besar dgn terminal kunci kontak yg terletak di switch starter jg. Pastikan sebelum melakukan percobaan ini, posisi gigi trasmisi pd posisi netral. Gabungkan dgn kabel ato obeng logam. Pada kondisi normal maka starter akan memutar mesin. Jika berputar, maka kunci kontak kamu ato relay kamu bermasalah.
  • Jika cara td blm mempersempit permasalahan, lakukan penggabungan terminal yg ada di switch starter. Pada kondisi normal seharusnya starter akan berputar dgn kencang tanpa memutar mesin (krn gigi bendix tdk mendorong oleh switch starter jadi tdk memutar flw wheel). Jika tdk berputar, maka permasalahan terdpt pd dinamo starter km, bisa krn gulungan yg terbakar ato brush starter yg habis, bisa jg krn kabel strum kamu dari aki ke starter tdk terhubung scr benar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s