Penyebab Mobil Ndut – Ndutan, Khususnya Honda Accord Cielo


Setiap mobil memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan mobil yang lain, demikian juga dengan karakter mesinnya.

Seperti halnya Honda Accord Cielo yang mengalami gejala ndut-ndutan, biasanya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

  1. Setingan CO tidak tepat.

Setingan CO yang terlalu kaya atau (terlalu ke kiri, semisal antara 0 sampai 100 derajat) biasanya menyebabkan Cielo ndut-ndutan saat dipakai keluar kota, pada posisi gigi 3 dan rpm 1.500.

ECU Cielo masih menggunakan soket lama non OBD 1 atau OBD 2. Ecunya fixed, jadi kita hanya bisa menggunakan engine analiser/diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa mensettingnya.

Posisi  ECU dibawah kaki penumpang depan, tepatnya di bawah karpet.

ecuSetelan seperti tanda panah *attachment, adalah 180 derajat maksimal dari kiri ke kanan. Apabila setelannya diputar CCW (berlawanan jarum jam) maka CO makin tinggi, dan sebaliknya apabila diputar CW (searah jarum jam) CO makin rendah. CO tinggi menujukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya.

Cara settingnya adalah dengan memutar mur maksimal ke kanan (miskin/lean), lalu kurangi sekitar 10 s/d 15 derajat kekiri ( rich ).

Memang untuk mobil usia tua dengan EFI yang sederhana generasi awal , tidak bisa 100 persen menghilangkan gelaja ndut-ndutan,  bahkan pihak bengkel Honda resmi saja tidak bisa menggaransi 100 % bisa menghilangkannya.

Tetapi dengan cara diatas , dirasa 80 persen gejala ndut-ndutan bisa dihilangkan.

 

  1. Setelan Valve Tidak Tepat.

Stel kerenggangan Valve sesuai standart pabrikan.

Pada kondisi mesin dingin :

Katup in : 0,25 mm

katup out : 0.3 mm

Kombinasi kerengganan katup yang memiliki kompromi tenaga dan FC yang terbaik adalah kerengganan 0,25 in dan 0,3 ex.

 

3.Setelan Pengapian Tidak Tepat

Seting Pengapian yang terlalu mundur akan memperparah ndut-ndutan. Set waktu pengapian yang sesuai.

distributorSebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian. Tapi untuk kondisi mobil yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston, maka patokan tersebut bisa sedikit berubah.

Honda Accord Cielo tidak memiliki ECU yang advance dengan sensor knocking seperti mobil-mobil terbaru yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking/ ngelitik, jadi kita harus mensettingnya secara manual.

Putaran distributor advance (maju) adalah berlawanan dengan putaran mesin. Putaran distributor mundur (retarded) adalah searah putaran mesin.

Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V- belt power steering atau AC saat mesin hidup.

Caranya untuk seeting pengapian :

Kendorkan 3 bautnya.

Putar dist ke depan atau ke belakang.

Putar mendekati maksimal kebelakang agar pengapian maju/advanced.

Lalu lakukan trial error, start mobil, masukkan gigi 2, gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih.

Akan terdengar suara knocking yang cukup keras.

Matikan mobil.

Putar distributor ke depan  (retarded) sedikit demi sedikit (mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter).

Lakukan kembali langkah seperti langkah pertama yaitu gas penuh mobil pada gigi 2 sampai rpm 4000. Putar distributor ke depan (retarded) sedikit demi sedikit (mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter). Lakukan terus menerus secara berulang

Lakukan terus sampai suara kocking hilang.

Apabila dirasa setingan sudah tepat (sudah tidak terdengan suara knocking) maka kencangkan 3 baut distributor.

Apabila langkah dilakukan dengan benar, maka pengapian mobil sudah di stel maju maksimal (limit) tanpa ada knocking. Biasanya suara mobil lebih halus, dan tarikan lebih instan.

 

  1. Kerusakan CDI.

Ciri kerusakan, mesin ndut-ndutan atau mati sama sekali. Tidak ada api di busi.

Kerusakan terjadi saat meginjak usia 13 tahun.

Harga CDI merk elesys Rp 470.000,-

Harga KOIL Nippondenso Rp 450.000,-

Posisinya di dalam distributor. Lepas dist terlebih dahulu.

Satu Paket Dustributor Singapur ( Refurbish)  beserta isinya : Rp 500.000,-

 

  1. Percikan Api di Distributor Yang Terhalang / Hambatan Terlalu Besar.

Biasanya karena karbonnya patah sehingga celahnya terlalu lebar.

 

  1. Kerusakan Kabel Busi.

Cek kabel busi dengan Ohm Meter. Kabel busi yang paling panjang tahanannya / ohmnya lebih besar dari yang pendek adalah lumrah, bukan suatu kerusakan.

 

  1. Throthle Body  dan Injector Kotor.

Bersihkan dan bongkar, atau kalau malas gunakan carburator cleaner semprot 1 atau 2 kaleng. Tanpa membuka throthle body. Lakukan saat akan mengganti oli mesin agar oli tidak terkontaminasi.

 

  1. Bersihkan Ruang Bakar dan Valve.

Istilahnya turun 1/2 mesin . Jadi intinya harus ada servis atau tune-up secara menyeluruh agar hasilnya memuaskan.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s