Berbahaya..!! Jangan Simpan Air Kemasan Botol Plastik Terlalu Lama dalam Mobil


Praktisnya minuman kemasan, khususnya kemasan plastik kadang membuat kita lupa bahwa kemasan plastik itu sebenarnya berbahaya jika terkena paparan panas yang terlalu lama. Salah satu tempat yang sering terlupakan adalah mobil yang memiliki suhu kabin panas ketika tidak dinyalakan mesinnya, terlebih lagi diparkir di tempat panas. Paparan panas ini menyebabkan zat-zat kimia dalam plastik bisa larut ke dalam air, seperti Antimony dan Bisphenol A (BPA). Air yang sudah bercampur zat-zat kimia dari plastik, bersifat toksik bagi tubuh. Konsumsi jangka panjang akan merusak organ hati, sebagaimana fungsi organ hati adalah untuk membersihkan tubuh dari racun, hal inilah yang akan membebani kerja hati yang lama-lama akan menurunkan fungsi organ itu.

Antimony, salah satu bentuk logam diduga berperan dalam penyakit paru, jantung, dan pencernaan. International Agency for Research on Cancer juga mengelompokkan metal yang disebut Antimony Trioxide ini punya kemungkinan Karsinogen. Bisphenol A (BPA) di dalam tubuh bisa menyerupai Estrogen. BPA sendiri ditemukan pada beberapa jenis plastik dan sudah dilarang penggunaannya oleh FDA untuk botol susu bayi dan cangkir bayi belajar minum.

Keberadaan zat kimia dalam botol air tersebut memang rendah, meski begitu tetap disarankan untuk menghindari minum air dalam botol yang sudah terkena paparan panas.  Minum air dari botol itu aman, tapi jangan menyimpannya dalam lingkungan panas terlalu lama, dan jangan lupa botol dalam kemasan sendiri sangat disarankan untuk tidak digunakan berkali-kali (refill).



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s