Tips Mengatasi Bocornya Radiator Yang Berbahan Aluminium


Hampir semua bengkel radiator ketika menangani kebocoran pipa/sirip pendingin radiator dari bahan aluminium akan menyarankan untuk mengganti dengan radiator baru atau merubahnya menjadi radiator berbahan kuningan/tembaga. Adapun argumentasi bengkel radiator adalah jika ditambal dengan las aluminium, maka pipa/sirip lain disekitar pipa/sirip yang bocor akan ikut meleleh karena tipisnya pipa/sirip aluminium tersebut, berbeda dengan pipa/sirip pendingin radiator yang berbahan kuningan/tembaga.

Perlu kita ketahui bahwa radiator itu ada yang bekerja secara vertikal dan horisontal (bisa dilihat dari pipa/sirip pendingin radiatornya. Jika vertikal, maka air mengalir dari lubang masuk atas kemudian turun dan keluar melalui pipa keluar. Jika horosontal, maka air mengalir ke arah samping. Adapun proses pendinginan yang terjadi di radiator adalah air mengalir dari lubang masuk kemudian terbagi-bagi melalui pipa/sirip pendingin mengalir ke lubang keluar dengan kondisi sudah lebih dingin dibanding ketika air tersebut masuk ke radiator.

Langkah-langkah yang perlu kita lakukan dalam mengatasi kebocoran pada radiator yang berbahan aluminium adalah sebagai berikut :

  1. Mencari bagian pipa/sirip mana yang bocor dengan cara memberi udara bertekanan dan merendam radiator ke dalam bak air.
  2. Buka upper tank dan lower tank radiator.
  3. Menutup/menyumbat bagian ujung (atas dan bawah atau kiri dan kanan) dengan menggunakan lem Epoxy Resin yang tahan panas dan tahan tekanan tinggi (sering disebut lem besi yang berupa 2 tube lem) supaya air radiator tidak mengalir melalui pipa/sirip yang bocor itu lagi .
  4. Biarkan mengering sampai 3 jam sebelum radiator dirakit kembali.

 



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s