Cara Penggunaan Gear/Tuas Mobil Matic yang Benar


Banyak yang belum tahu pergantian gear/tuas matic yang keliru dapat menyebabkan gearbox mobil cepat ‘hancur’ atau rusak, dan tentunya harga gearbox sangat mahal.

Jangan sekali-kali mengganti gigi ‘P’ pada saat lampu merah, cara yang benar saat berhenti di lampu merah :
1. Injak rem kaki
2. Masuk ke tuas N (tanpa menekan tombol pada tuas, langsung dorong saja)
3. Tarik rem tangan
4. Lepas rem kaki

Saat akan mulai jalan :
1. Injak rem kaki
2. Masuk tuas D (tanpa menekan tombol tuas, langsung tarik saja)
3. Lepas rem tangan
4. Lepas rem kaki
5. Tekan gas

Penggunaan tombol pada gear/tuas.
1. Tekan tombol saat pergantian:

  • P ke  R
  • R ke  P
  • R ke  N
  • N ke  R
  • D ke  L/D2
  • L/D2 ke  D

2. Jangan pernah menekan antara :

  • N ke  D
  • D ke  N
  • D ke  D3
  • D3 ke  D
    Kenapa tidak boleh?
    Hal ini untuk menghindari hentakan penolakan gear. Jika ada hentakan, gearbox bisa rusak. Misalnya dari gear D, ingin ganti ke gear N. Apabila tidak menekan tombol gear, maka tidak bisa mendorong lebih karena gear tersekat di N. Tetapi jika menekan tombol, maka bisa mendorong gear terus ke R.

Ambil contoh, sewaktu akan menghentikan mobil, kita akan mendorong ke gear N dari gear D. Oleh karena anda menekan tombol gear, kemungkinan terdorong ke gear R adalah tinggi. Jika mobil belum berhenti sepenuhnya, gearbox bisa rusak. Akibat perpindahan tiba-tiba dari D ke R tertekan secara tidak sengaja.

Susunan gear untuk gearbox mobil matic :
P – Parking : Digunakan untuk memberhentikan mobil. Gear akan disekat. Jadi mobil tidak akan bergerak meski rem tangan tidak ditarik.
R – Reverse : Digunakan untuk mundur.
N – Neutral : Digunakan jika dalam posisi menunggu lampu merah atau terjebak macet. Alihkan ke gear Neutral, bukan Parking. Jika dirasa perlu, gear D ke N tidak perlu menekan tombol gear.
D – Drive : Untuk perpindahan secara otomatis, gear 1,2,3,4 dan seterusnya. Tombol overdrive – gear akan menyekat untuk masuk ke gear 4. Gear yang akan digunakan hanya 1,2 dan 3.
3 : Digunakan setelah mobil matic tidak mempunyai overdrive namun mempunyai susunan gear 3 untuk menurunkan gear dari 4 ke 3.
2:  Berfungsi membatasi sistem gearbox anda ke gear 2 dan tidak akan masuk ke gear selanjutnya. Dan akan berpindah ke gear 1 jika diperlukan.
L – Low gear : yaitu gear pertama.


8 Komentar on “Cara Penggunaan Gear/Tuas Mobil Matic yang Benar”

  1. Bagus Muhammad Fahmi mengatakan:

    keren om infonya, terimakasih suhu

    hehehehe

  2. ame268 mengatakan:

    Pak, mobilku matic, kalo pagi masuk ke D gak ada hentakan, tapi kalo udah dipake jalan beberapa km maka masuk ke D ada hentakan. Kalo gak ada hentakan lajunya akan responsif, tapi kalo udah ada hentakan lajunya jadi kurang responsif.. itu kenapa ya?

    • fery mengatakan:

      Jika hentakan tsb berlangsung cukup lama, menimbulkan suara keras ato bahkan sampai membuat mobil melompat, kemungkinan hidraulic control unit tdk dpt menjalankan tugas sbg pengatur dan penyedia tekanan hidrolik oli transmisi.

      • ame268 mengatakan:

        Mobil saya hyundai matrix th 2002. Apakah part tersebut bisa diganti / servis ? biaya kisaran berapa?

      • fery mengatakan:

        Coba di reset ECU nya dulu aja om, kalo mah sama aja, coba bersihin body valve nya. Kalo bersihin body valve sih baiknya skalian ganti oli transmisinya. Kalo msh bermslh jg, coba kuras total oli transmisinya

  3. ame268 mengatakan:

    Thank you soo much


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s